3 Makanan untuk Mengobati Anemia yang Harus Anda Ketahui

  • Whatsapp
3-Makanan-untuk-Mengobati-Anemia-yang-Harus-Anda-Ketahui
Foto dari Canva Photos Unlimited

Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh seseorang kekurangan sel darah merah yang dibutuhkan atau sel tersebut tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, maka tubuh penderita tidak akan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, sehingga menyebabkan sering lelah dan wajah pucat. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang usia. Oleh karena itu, di bawah ini ada 3 jenis makanan untuk membantu Anda mengobati anemia.

3 Jenis Makanan untuk Mengobati Anemia

1. Makanan yang tinggi akan asam folat

Vitamin B9 atau asam folat adalah salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membantu meningkatkan sel darah merah yang dibutuhkan bagi penderita anemia, maka Anda harus mengkonsumsi makanan yang tinggi akan asam folat, seperti sayuran hijau, jeroan, kacang merah, kacang hijau dan kacang polong.

Tidak hanya untuk penyakit kurang darah  . Asam folat juga sangat bagus untuk mengatasi masalah pencernaan, saat kehamilan dan juga untuk pederita diabetes.

2. Makanan yang kaya akan tembaga (copper)

Mineral tembaga merupakan asupan penting yang dapat bermanfaat bagi penderita anemia, karena dapat berfungsi untuk membantu meningkatkan sel darah merah. Saat kadar mineral tembaga dalam tubuh sangat rendah, maka dapat menyebabkan tubuh hanya mampu menyerap sedikit zat besi. Hal tersebut dapat berdampak pada berkurangnya produksi hemoglobin dalam sel darah merah.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengobati anemia adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan mineral tembaga. Anda dapat mengkonsumsi beberapa makanan, seperti cokelat, buah ceri, kepiting, udang, bebek, ayam, kacang-kacangan ataupun gandum yang utuh.

3. Makanan yang tinggi akan zat besi

Makanan yang tinggi akan kandungan zat besi sangat penting bagi tubuh manusia, terutama penderita anemia. Hal tersebut karena apabila Anda kekurangan asupan yang mengandung zat besi, maka dapat membuat tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yang diperlukan untuk membentuk sel darah merah.

Ada berbagai macam makanan yang memiliki kandungan zat besi cukup tinggi, seperti hewani dan nabati. Anda dapat mengkonsumsi ikan, tiram, jeroan, daging unggas, daging merah, sawi dan bayam. Kandungan zat besi dari bayam juga berfungsi untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh manusia.

Demikian artikel yang berisi tentang 3 jenis makanan untuk membantu Anda mengobati anemia. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, maka tubuh akan terbantu untuk membentuk sel darah merah kembali.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *