4 Cara Mencuci Pashmina Ceruti yang Benar

  • Whatsapp
4-Cara-Mencuci-Pashmina-Ceruti-yang-Benar
Foto dari Canva Pro

Memiliki banyak pashmina memang menyenangkan. Mulai dari bahan wolfis, ceruti, maupun crepe dan lainnya. Anda bisa berganti-ganti menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi. Tapi tahukah Anda cara merawatnya terutama bahan ceruti? Simak informasi berikut mengenai cara mencuci pashmina ceruti agar pashmina Anda awet.

1. Cuci Pakai Tangan

Jangan pernah mencuci pashmina yang berbahan ceruti menggunakan mesin cuci. Usahakanlah mencucinya menggunakan tangan Anda langsung. Hal ini ditujukan untuk menghindari pashmina rusak yang disebabkan oleh mesin cuci. Caranya pisahkan pashmina ceruti dengan pakaian lainnya. Sediakan tempat khusus dan rendam sebentar pashmina pada air bersih yang sudah dicampur dengan sabun cuci atau detergen yang berbahan lembut.

Bisa juga Anda menggunakan sabun cair yang berbahan lembut dan wangi. Jika sudah direndam kurang lebih 5 menit, kucek secara perlahan pada bagian yang sangat membandel. Pada bagian lain yang dirasa tidak terlalu kotor, jangan terlalu keras menguceknya. Hasil rendaman dengan air sabun setidaknya sudah mengangkat kotoran-kotoran yang menempel seperti debu dan lainnya.

2. Angin-anginkan Biasa

Apabila Anda sudah selesai mencuci pashmina, saatnya Anda menjemurnya. Caranya pilih gantungan baju yang terbuat dari plastik atau kayu. Hindari gantungan baju yang terbuat dari kawat. Hal ini dikhawatirkan karat yang ada di kawat bisa menodai pashmina Anda. Apalagi pashmina baru saja dicuci. Saat hendak menjemurnya pun, jangan taruh pashmina di bawah sinar matahari langsung.

Tapi tempatkan pada tempat yang bebas dan mendapatkan silir angin. Hal ini ditujukan untuk menghindarkan pashmina agar warnanya tidak cepat memudar dan berbau matahari. Tempatkan juga bagian kepala pada bagian atas gantungan baju. Terutama pada bagian pad yang mengandung busa. Jika sudah kering, segera angkat dari tempat penjemuran.

3. Rapikan

Apabila pashmina Anda sudah kering, saatnya Anda rapikan dengan cara menyetrikanya. Namun jangan asal menyetrika seperti bahan pakaian lainnya. Anda harus melapisi kain warna putih lainnya pada atas pashmina agar pashmina tidak terkena langsung suhu panas setrika. Pemilihan warna putih ini dikarenakan untuk menghindari lunturnya warna pada pashmina. Saat menyetrika pun, Anda harus menggunakan suhu sedang yang dikhususkan untuk bahan yang tipis.

4. Simpan

Setelah disetrika, pastikan Anda menyimpan dengan tidak melipatnya. Anda bisa menempatkannya pada gantungan baju dan menaruhnya pada tempat lemari yang khusus gantungan. Hal ini ditujukan agar pashmina tidak gampang kusut saat hendak dipakai dari melipatnya. Pasalnya bahan ceruti adalah bahan atau kain yang mudah kusut.

Nah itulah beberapa cara mencuci pashmina ceruti dengan benar. Jangan pernah melipat dan menaruhnya di bawah tumpukan pakaian lainnya ya. Hal ini bisa membentuk lekukan atau garis bahkan kusut pada pashmina saat dipakai.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *