5 Kiat Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita yang Baik

5-Kiat-Menjaga-Kesehatan-Reproduksi-Wanita-yang-Baik
Foto dari Canva

Sebagian orang beranggapan bahwa organ reproduksi wanita merupakan urusan wanita baik organ reproduksi luar dan dalam. Padahal kesehatan reproduksi menjadi tanggung jawab bersama, apalagi pasangan yang inginĀ  segera mendapatkan anak. Tentu pria harus memperhatikan hal ini guna menjaga kesehatan reproduksi pasangan bisa optimal baik kehidupan seksual atau memiliki keturunan. Sudahkah Anda tahu cara menjaga alat reproduksi wanita tetap sehat dan berfungsi lebih optimal?

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Penting sekali untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita untuk kesehatan fisik dan mental yang optimal. Bila mengabaikan kebersihan dan kesehatan reproduksi ini, maka wanita bisa terkena penyakit menular seksual, masalah kesuburan dan lainnya. Yuk, simak cara menjaga kesehatan alat reproduksi wanita ini!

1. Merawat kebersihan organ intim

Hal yang vital perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan alat reproduksi wanita adalah merawat kebersihan organ intim. Tidak hanya bisa membuat hubungan seksual dengan pasangan lebih nyaman, kebersihan organ intim bisa membuat Anda terhindar dari masalah penyakit kelamin.

Cara menjaga kebersihan organ intim yang bisa Anda lakukan adalah rajin membersihkan alat vital setelah BAK, sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim, hindari pemakaian sabun yang mengandung pewangi, pilih produk kebersihan organ intim yang punya kandungan pH sesuai, dan rajin mengganti celana dalam setiap BAK atau rutin mengganti pembalut setiap tiga jam sekali.

2. Pertimbangkan konsumsi makanan yang sehat

Selain rajin menjaga kebersihan organ intim, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan alat reproduksi secara keseluruhan. Makanan yang kaya nutrisi bisa menjaga kesehatan sel telur sehingga lebih siap dibuahi dengan potensi kehamilan lebih tinggi.

Anda perlu menghindari makanan yang mengandung lemak trans, makanan yang mengandung minyak sayur tak jenuh, perbanyak serat, asam folat, dan penuhi kebutuhan zat besi harian. Makanan yang sehat akan membantu Anda punya tubuh lebih bugar dan berstamina setiap hari.

3. Menjaga perilaku seks yang aman

Berhubungan dengan pasangan sah merupakan hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak tertular penyakit menular seksual karena gonta-ganti pasangan. Selain itu, pastikan Anda memakai kontrasepsi atau pengaman bila memang belum ingin memiliki momongan dalam waktu dekat. Jika masih ragu terkait pemilihan alat kontrasepsi tertentu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan terkait kelebihan dan kekurangan alat kontrasepsi pilihan tersebut.

4. Rajin melakukan pengecekan kesehatan alat reproduksi berkala

Demi menjaga kesehatan organ reproduksi secara keseluruhan, Anda perlu melakukan pengecekan kesehatan diri sendiri pada dokter. Pemeriksaan rutin bisa membantu Anda mengetahui kondisi atau masalah yang terjadi pada kesehatan, misalnya penyebab susah hamil, penyakit infeksi dan lain-lain. Jangan lupa ajak pasangan untuk melakukan pengecekan kesehatan reproduksi berkala agar tahu riwayat kesehatan masing-masing.

5. Jaga pola hidup dan hindari stress

Meski Anda rajin membersihkan alat reproduksi bagian luar setiap hari, tetapi pola hidup tidak sehat bisa merusak organ reproduksi dari dalam. Konsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, merokok, dan kebiasaan buruk lain bisa memperburuk kondisi kesehatan organ reproduksi Anda.

Jaga pola hidup lebih sehat dengan giat berolahraga, tidak begadang dan kelola stress dengan baik mulai sekarang. Stress bisa memicu masalah hormon sehingga ada gangguan pada reproduksi wanita, misalnya jadwal menstruasi tidak teratur atau gangguan kehamilan.

Dari berbagai kiat menjaga kesehatan alat reproduksi wanita di atas, Anda bisa mencoba menerapkannya mulai sekarang. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan diri Anda untuk mendapatkan kehidupan seksual yang lebih aman, nyaman dan memiliki keturunan yang sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.