Apa Itu Panty Liner dan Apa Perbedaannya dengan Pembalut Biasa?

  • Whatsapp
Apa-Itu-Panty-Liner-dan-Apa-Perbedaannya-dengan-Pembalut-Biasa
Foto dari Canva Pro

Penggunaan pembalut sebagai salah satu alat untuk mengatasi datangnya menstruasi menjadi cara yang paling banyak dipilih. Selain pembalut, ada jenis alat lainnya yang juga banyak digunakan untuk menghadapi rutinitas menstruasi di setiap bulannya, seperti panty liner. Apa itu panty liner juga bagaimana dengan cara penggunaannya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Beragam Jenis Alat untuk Bantu Atasi Menstruasi

Terdapat empat macam alat yang umum digunakan saat menstruasi yaitu pembalut, tampon, menstrual cup, serta panty liner. Masing-masing memiliki fungsi dan cara kerja sendiri dengan keutamaan untuk menampung, serta menahan darah menstruasi agar tidak mengotori pakaian. Dibandingkan pembalut, tampon dan menstrual cup masih jarang dipilih para perempuan di Indonesia.

Mengenal Apa Itu Panty Liner

Berbeda dengan ketiga jenis lainnya, panty liner umum digunakan ketika menstruasi sudah hampir selesai dan saat mengalami keputihan. Anatara pembalut dengan panty liner, dari segi bentuk, ketebalan, dan ukuran sangat berbeda. Panty liner juga sering disebut dengan pembalut mini yang digunakan untuk menjaga kebersihan area vagina.

Tips Pemakaian Panty Liner

Panty liner yang dipakai secara tidak tepat bisa mendatangkan risiko tersendiri. Nah, ini dia beberapa tips pemakaian panty liner yang disarankan.

● Bukan Pengganti Pembalut

Perlu dipahami bahwa panty liner bukanlah pengganti pembalut, sehingga Anda tidak bisa mengganti peran pembalut saat alami menstruasi dengan alat satu ini. Daya tampung cairannya jauh lebih rendah dan tidak memungkinkan untuk menahan darah menstruasi yang jumlahnya tentu tergolong banyak. Hanya saja panty liner bisa digunakan saat menjelang akhir menstruasi.

● Gunakan saat Keputihan

Keputihan merupakan satu kondisi yang juga banyak dialami perempuan. Keputihan adalah kondisi keluarnya cairan berwarna dengan tekstur kental dari vagina yang bisa disebabkan banyak hal. Sebagai bagian dari periode menstruasi, maupun penyebab lain seperti kondisi tubuh atau juga area vagina yang sedang tidak sehat seperti ketika Anda kurang memperhatikan kebersihannya.

● Hindari Memakainya Terlalu Sering

Terasa nyaman saat digunakan karena ukurannya yang kecil dan memiliki ketebalan yang tipis, alat ini tidak disarankan digunakan terlalu sering. Seperti menggunakannya setiap hari untuk membuat pakaian dalam selalu bersih. Kecuali Anda sedang alami keputihan.

● Segera Ganti saat Mulai Terasa Basah / Lembab

Pany liner pun mudah menjadi basah akibat peningkatan kelembaban di area vagina yang bisa disebabkan banyak hal. Untuk itu segeralah ganti saat mulai merasa panty liner mulai basah. Sama halnya dengan pembalut yang terlalu lama digunakan, penggunaan panty liner tanpa menggantinya rutin beberapa jam sekali akan memicu munculnya bakteri dan jamur pada area vagina.

● Pilih Produk Panty Liner Berkualitas

Memilih produk panty liner dengan kualitas baik menjadi cara yang tepat dalam penggunaan alat ini. Bukan hanya menjadi lapisan tambahan untuk dipasang pada pakaian dalam, panty liner juga menjadi alat untuk menjaga kebersihan. Maka kualitas produknya harus ikut diperhatikan. Pilih panty liner yang berbahan halus untuk kurangi adanya gesekan yang bisa timbulkan luka atau lecet.

Menggunakan panty liner memang jauh lebih nyaman karena ukurannya. Tetapi tetap saja, Anda juga harus pertimbangkan dan perhatikan penggunaannya. Bagaimanapun bagi tubuh panty liner menjadi benda asing yang bila penggunaannya kurang tepat akan memicu munculnya berbagai risiko, khususnya bagi kesehatan miss v. Itu dia ulasang singkat seputar apa itu panty liner serta fungsi dan cara penggunaannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *