Cara Bagun Sahur Tepat Waktu Agar Tidak Ketinggalan Jadwal Imsaykiyah

Cara-Bagun-Sahur-Tepat-Waktu-Agar-Tidak-Ketinggalan-Jadwal-Imsaykiyah

Jadwal imsakiyah ini biasa kita gunakan untuk menentukan batas akhir sahur pada hari itu, namun bagi Anda yang susah bangun atau sering ketinggalan sahur, bagaimana? Berikut ini beberapa cara agar Anda tetap bisa bangun sahur tepat waktu.

1. Tidur Lebih Awal

Saat dibulan puasa ini, bagi Anda yang biasa begadang atau tidur larut malam, maka saat ini bisa dibiasakan dengan tidur lebih awal pada pukul 9 atau 10 malam. Maka dengan demikian Anda pun bisa bangun untuk makan sahur lebih awal dan tidak ketinggalan waktu imsak.

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Meskipun sedang berpuasa hampir 12 jam, namun Anda juga harus tetap memperhatikan pola makan dan juga jenis makanan-makanan yang dikonsumsi. Anda tidak bisa sembarangan memakan makanan yang tinggi lemak dan juga karbohidrat. Sangat menarik bukan?

3. Tidak Makan Berlebihan

Faktanya makan yang berlebihan juga membuat Anda susah bangun. Selain itu makan dengan berlebihan juga akan menyebabkan kenaikan berat badan yang drastis.

Saat makan sahur pun usahakan makan dengan makanan yang bergizi seimbang agar tidak mudah lelah dan lemas saat berpuasa.

4. Mendekatkan Alarm

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mendekatkan alarm saat tidur, pasang alarm sesuai waktu sahur, kemudian dekatkan dengan tempat tidur Anda. Sehingga suara dari alarm tersebut mudah didengar dan Anda Pun tidak ketinggalan untuk makan sahur.

5. Batasi Penggunaan Gadget

Membatasi penggunaan gadget juga sangat berpengaruh pada jam tidur dan juga waktu bangun. Kebanyakan jika Anda sudah asik bermain gadget, maka akan lupa waktu dan waktu tidur pun juga makin terpangkas, oleh sebab itu hindari penggunaan gadget menjelang tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

NAh itulah tadi beberapa cara dan saran agar Anda tidak ketinggalan jadwal imsakiyah dan bisa menjalankan ibada puasa dengan khusyuk. Serta Anda pun tetap bisa meraih hikmah bulan suci Ramadhan ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.